Bandung, 27 November 2020,– Prajurit Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bandung menggelar Latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan 1 (P1) dan Pangkalan 2 (P2) di Markas Komando (Mako) Lanal Bandung, Jalan Aria Jipang No. 8 Bandung Kamis (26/11).

Guna meningkatkan profesionalisme kemampuan Prajurit dalam mencapai tugas pokok Pangkalan dan menguji kesiapsiagaan Pangkalan Angkatan Laut Bandung, selama 2 hari dari tanggal 26 sampai dengan 27 November 2020. Uji Terampil Glagaspur Pangkalan 1 meliputi Tes Tulis Akademik, Tali Temali, Pluit, PBB, PDD Khas TNI AL, Bongkar Pasang Senjata, Menembak, Renang Militer, dan Semapur. Sedangkan Uji Terampil P2 meliputi Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Penanggulangan Kebakaran (PEK)/Nubika, dan Pengendalian Huru Hara (Dakura).

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (P) Batos Leksono yang diwakili Palaksa Lanal Bandung Mayor Laut (P) Budi Purnama Jaya, S.H., menyampaikan selamat datang kepada Tim Uji pada kegiatan uji terampil Glagaspur Pangkalan Kolat Koarmada I tahun 2020 yang berlangsung selama dua hari, meliputi Glagaspur Pangkalan setingkat P-1 dan P-2 kepada seluruh prajurit Lanal Bandung untuk dapat dijadikan uji kesiapan dan uji kemampuan hasil binaan personel selama ini. Mengingat pentingnya acara ini, agar seluruh prajurit Lanal Bandung melaksanakan kegiatan Glagaspur Pangkalan P-12 dan P-2 dengan memahami tugas dan tanggung jawab serta perannya masing-masing, sehingga semua rencana dan skenario yang sudah disusun dapat dilaksanakan oleh Lanal Bandung secara maksimal dan tepat waktu agar tingkat keterampilan setiap personel dapat terukur dengan jelas.

Lebih lanjut Komandan Lanal Bandung mengatakan kegiatan uji terampil ini diharapkan hasil pelaksanaanya dapat memacu dan meningkatkan keterampilan serta profesionalisme personal Pangkalan, yang sudah teruji dan terukur, maka diharapkan semua tugas pokok Pangkalan sesuai yang dipersyaratkan dapat tercapai.

Mengakhiri amatnya, Komandan Lanal Bandung memberikan beberapa penekanan antara lain utamakan zero accident keselamatan personel dan material, patuhi segala perintah dari tim Kolat Koarmada I agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, laksanakan kegiatan ini dengan penuh semangat tertib dan penuh rasa tanggung jawab.

Sementara itu Komandan Kolat Koarmada I Kolonel Laut (P) Teguh Prasetya, S.T., M.M., yang diwakili Danpuslat Pasrat Letkol Marinir Helmi Ardiansyah, S. TP., M.T., selaku Katim II dalam sambutannya mengatakan bahwa tugas pokok Pangkalan TNI Angkatan Laut adalah menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur, Satuan dan Kotama TNI Angkatan Laut, serta melaksanakan pembinaan potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan negara di laut dan tugas-tugas lainnya.

“Didalam pelaksanaan tugas pokok tersebut, Pangkalan TNI Angkatan Laut dituntut untuk memiliki kemampuan seperti halnya kemampuan dukungan logistik dan administrasi, kemampuan pembinaan intelejen, kemampuan pengamanan laut, kemampuan penyelenggaraan bantuan operasi pada otoritas sipil, kemampuan pertahahan pangkalan dan kemampuan K4IPP. Untuk mengukur dan menilai tingkat kesiapan pangkalan dalam mencapai tugas yang diembannya diperlukan evaluasi secara bertingkat dan berlanjut,” ujarnya.

“Penyelenggaraan uji Glagaspur Pangkalan Tingkat P1 dan P2 merupakan salah satu fungsi Komando yang harus dilaksanakan untuk menentukan tingkat kesiapan Pangkalan TNI Angkatan Laut. Uji terampil Glagaspur Pangkalan TK 1/P-1 dititikberatkan pada kesiapan perorangan dan kelompok dalam menggunakan perslatan/persenjataan masing-masing bagian, sedangkan uji terampil Glagaspur Pangkalan TK 2/P-2 merupakan kesiapan Pangkalan dalam melaksanakan tugas yang dilaksanakan bersama-sama, baik secara teknis maupun taktis sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi. Melalui upaya pengukuran tingkat kesiapsiagaan dan profesi tentunya akan dapat menentukan tindak korektif yang diperlukan untuk mempertahankan serta meningkatkan tingkat kesiapan operasional satuan khususnya Pangkalan,” pungkasnya.

Acara pembukaan Glagaspur Pangkalan Tingkat P1 dan P2 tersebut dibuka oleh Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (P) Batos Leksono yang diwakili Palaksa serta dihadiri para Perwira Staf.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *