Komandan Pangkalan Utama TNI AL III (Danlantamal III) Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., melaksanakan pemeriksaan Rapid antigen bersama para Prajurit yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Search And Rescue (SAR) jatuhnya pesawat Sriwijaya air SJ “ 182 tujuan Jakarta “ Pontianak (9/1), di sekitar Pulau Laki dan Pulau Lancang kepulauan Seribu. Pelaksanaan test rapid antigen dipimpin oleh Kadiskes Lantamal III drg. Agung May Setiana di Posko Koarmada I Dermaga JICT-2 Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Rabu, (13/1/2020).

Dalam melaksanakan tugas, tergabung dalam satuan tugas SAR (Search And Rescue) yang diwadahi oleh Kepala Basarnas (Badan SAR Nasional), TNI AL ikut berjibaku mengevakuasi korban dan puing jatuhnya pesawat sriwijaya air SJ-182 di perairan kepulauan seribu, dimasa pandemi covid-19 yang masih mewabah di Indonesia.

Untuk itu di sela-sela melakukan kegiatan evakuasi para korban dan puing pesawat, Lantamal III melakukan pemeriksaan rapid antigen terhadap personelnya, guna tetap memperhatikan kesehatan di setiap tugas, yang pada situasi saat ini dirasakan sangat rawan terinfeksi. Antigen adalah zat asing, termasuk virus, yang bisa masuk ke dalam tubuh, lewat rapid antigen, kita jadi bisa mengetahui apakah virus corona ada di dalam tubuh atau tidak, dimana tenaga medis akan mengambil sampel lendir dari tenggorokan atau hidung pasien lewat teknik swab. Hal ini merupakan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. untuk menjadi contoh dan teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah covid-19.

Demikian berita dispen Lantamal III.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *